Perhatikan Gigi Si Kecil, Yuk…

Sudah tahukah anda, kapan gigi anak bayi anda mulai tumbuh? Gigi yang manakah sih yang tumbuh lebih dulu? Dan usia berapa gigi-gigi sulung tersebut mulai tanggal dan digantikan gigi permanen? Seringkali orang tua bertanya-tanya ketika melihat gigi geligi anak bayinya. Kadang kala, gigi dipaksakan untuk dicabut, padahal gigi tersebut belum tiba masanya untuk dilakukan pencabutan. Tidak banyak orang tua yang tahu mengenai pertumbuhan gigi geligi susu anaknya. Padahal gigi susu atau gigi sulung ini merupakan hal yang penting untuk diperhatikan agar gigi penggantinya, gigi permanen atau gigi dewasa ini dapat tumbuh dengan baik.

Perlu diketahui, jumlah gigi susu pada anak adalah 20 buah, masing-masing 10 gigi pada setiap rahangnya (rahang atas dan rahang bawah). Normalnya, pada usia sekitar 8 bulan, gigi bayi sudah mulai tumbuh. Tumbuhnya gigi susu dimulai dari gigi seri tengah rahang bawah. Kemudian diikuti oleh tumbuhnya gigi seri tengah rahang atas pada usia sekitar umur 9 bulan. Gigi sulung yang terakhir tumbuh adalah gigi geraham belakang rahang atas pada sekitar usia 26 bulan. Jadi pada usia ini, gigi geligi susu bayi sudah genap 20 buah. Waktu dan urutan pertumbuhan gigi – gigi susu ini dapat dilihat pada ilustrasi di atas dengan mengklik kiri. Pada usia ini, sampai menjelang usia anak mencapai 6 tahun, gigi – gigi anak adalah gigi susu, yang disebut fase gigi susu. Pada fase ini, gigi – gigi susu terlihat renggang antara satu gigi dengan gigi yang lain dalam satu rahang. Kondisi ini adalah hal yang normal, dikarenakan masih adanya proses perkembangan tulang rahang pada anak. Di masa yang datang, keadaan renggang pada fase gigi susu ini berguna sebagai tempat gigi permanen yang berukuran lebih besar, untuk tumbuh dan menempati lengkung geligi yang normal.

Sedangkan pada umur 6 tahun, gigi-gigi susu sudah mulai tanggal. Tanggalnya gigi susu ini dibarengi dengan tumbuhnya gigi permanen. Sehingga mulai pada usia ini, gigi – gigi anak mulai bercampur dengan gigi – gigi permanen. Masa – masa inilah yang kemudian disebut dengan tahapan gigi campuran pada anak-anak. Gigi susu yang pertama kali tanggal adalah adalah gigi seri tengah bawah, pada usia anak 6 tahun. Diikuti kemudian dengan gigi seri tengah atas, sampai yang terakhir tanggal adalah gigi taring atas, yakni pada usia 11 tahun.  Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat pada ilustrasi yang tersedia.

Perlu diketahui, sebelum gigi susu pertama yang tanggal digantikan gigi permanennya, sebelumnya akan tumbuh gigi geraham paling belakang yang tidak menggantikan gigi susu manapun, ini adalah gigi geraham permanen. Untuk itu, orang tua perlu memberikan perhatian lebih pada gigi ini. Seringkali ditemui, gigi geraham pertama ini mengalami kerusakan/lubang yang parah ketika anak sudah menginjak usia remaja, dikarenakan orang tua tidak memberikan perhatian yang lebih akibat ketidak-tahu-annya bahwa gigi tersebut gigi permanen. Untuk pertumbuhan gigi permanen, akan kita bahas pada artikel selanjutnya, ya..

Hmm, memperhatikan gigi si Kecil, menarik juga bukan?

Tarakan, 24 Juli 2010

Comments
2 Responses to “Perhatikan Gigi Si Kecil, Yuk…”
  1. nurul alfiah berkata:

    pd usia 6 th gigi geraham buah hati saya sdh berlubang besar,….. apakah jika gigi tsb dicabut bisa tumbuh kembali, tks

    • doktergigionline berkata:

      Assalamu’alaikum mbak Nurul..
      Dari gambaran singkat dari gigi si buah hati mbak Nurul, saya mencoba untuk memperkirakan gigi buah hati mbak Nurul yang masih berusia 6 tahun itu adalah gigi sulung. Dengan asumsi bahwa, pada umur sekitar 6 tahun lebih, gigi permanen pertama, yakni gigi geraham depan permanen baru mulai menunjukkan kemunculannya. Sedangkan gigi geraham pada anak mbak Nurul sudah berlubang besar tersebut tentunya tidak tiba-tiba berlubang sebesar itu, bukan? Untuk lebih myakinkannya, coba hitung gigi geraham si kecil, kalo seluruh gigi gerahamnya belum pernah ada yang tanggal, seharusnya gigi geraham si kecil ada 2. Kalau memang sudah tumbuh gigi permanennya, gigi gerahamnya berjumlah 3, dengan ukuran gigi geraham paling belakang tersebut relatif lebih besar. gigi geraham yang lebih besar tersebut adalah gigi permanen, yang memang tumbuh tidak menggantikan gigi sulung manapun.
      Jadi, ketika gigi yang dimaksud mbak Nurul dicabut, kalau memang gigi tersebut adalah gigi sulung, maka masih ada gigi permanen penggantinya. Walaupun nantinya baru ketika si Kecil berusia sekitar 10 atau 11 tahun, gigi permanen penggantinya baru tumbuh.
      terima kasih..
      wassalam…

Tinggalkan komentar